Kemarin pada tanggal 16 Februari 2023, saya membuat feature request supaya mirror repositori Arch Linux saya dapat ditambahkan ke official repositori Arch Linux. Dan saat ini sudah terlisting ke halaman resmi mirror Arch Linux! Terima kasih Anton Hvornum!

Sebenarnya, dulu saya pernah juga me-maintenance mirror Arch Linux. Pada saat itu waktu server devilzc0de.org masih sehat dan domain belum hilang 😂. Tapi… Ah, sudahlah.. Jadi keinget masa-masa indah 😍, masa masa sendu 😞.

Artikel ini juga ditulis dengan bahasa Inggris dengan judul New Archlinux Mirror in Indonesia.

Informasi Mirror

Lokasi: Indonesia Data Center Duren Tiga (IDC3D) Jakarta, Indonesia (ID)

URL:

  • http://mirror.ditatompel.com/archlinux
  • https://mirror.ditatompel.com/archlinux

Bandwidth: 1Gbps

Pada saat artikel ini dibuat, mirror.ditatompel.com melakukan sinkronisasi ke Tier 1 mirror setiap 2 jam sekali.

Untuk menggunakan mirror tersebut cukup tambahkan konfigurasi berikut pada /etc/pacman.d/mirrorlist Anda:

Server = http://mirror.ditatompel.com/archlinux/$repo/os/$arch
Server = https://mirror.ditatompel.com/archlinux/$repo/os/$arch

Atau anda bisa menggunakan package reflector (pacman -S reflector) untuk mencari dan menggenerate mirror yang paling cepat untuk Anda. Misalnya:

reflector --verbose -l 10 -f 10 --sort rate -c Indonesia,Singapore

Note: Saya menambahkan -c Indonesia,Singapore karena rata-rata ISP di Indonesia saat ini memiliki bandwidth yang cukup besar dan latency yang baik untuk ke Singapore.

Public Monitoring

Untuk official mirror, situs Arch Linux sendiri sudah menyediakan monitoring yang dapat diakses di https://archlinux.org/mirrors/mirror.ditatompel.com/.

Namun saya sendiri menyediakan monitoring untuk server mirror.ditatompel.com melalui Grafana yang dapat diakses tanpa harus login / memiliki akun di server Grafana saya.

Semoga mirror tambahan saya yang tidak seberapa ini dapat membantu mengurangi server load dan bandwidth rekan-rekan sebangsa dan setanah air. (Wedjiannnn 😂)

Doakan juga supaya saya tetap dapat me-maintenance mirror ini dan sedikit berkontribusi ke distro yang paling Saya sayangi sejak tahun 2011 lalu. Amin!

Sumber