Terkait dengan posting sebelumnya mengenai Migrasi Git Arch Linux, Levente Polyak meninformasikan pengunguman resmi di situs archlinux.org bahwa proses migrasi repositori git Arch Linux telah selesai dan sukses dilakukan. 👏 💪

Levente Polyak juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu selama proses migrasi dilakukan. 🤜🤛

Mulai sekarang, package source sekarang dapat diakses di gitlab.archlinux.org/archlinux/packaging/packages. Sebagai catatan, bug tracker masih menggunakan flyspray (bugs.archlinux.org) dan sementara tidak menerima merge request. Kedepannya, team Arch Linux berencana untuk membuka fitur issue tracker dan merge requests di repositori GitLab-nya.

Untuk Pengguna Arch Linux

Update sistem Anda dan lakukan merge /etc/pacman.conf.pacnew ke /etc/pacman.conf. Hal ini perlu dilakukan karena dipindahkannya repositori [community] ke repositori [extra].

pacman -Syu "pacman>=6.0.2-7"

Bagi pengguna Arch Linux yang mengunakan asp (sekarang statusnya deprecated), Anda perlu beralih menggunakan pkgctl:

pacman -Syu "devtools>=1:1.0.0-1"
pkgctl repo clone linux

Informasi lebih detail mengenai instruksi bagaimana mendapatkan PKGBUILD dapat dibaca di Arch Wiki: Arch Build System.

Untuk Packager Arch Linux

Sebelum memulai, pertama uninstall devtools-git-poc dan hapus semua repositori yang pernah Anda copy selama proses git proof-of-concept testing dari sistem Anda.

Pastikan anda memiliki devtools>=1:1.0.0-1 dan pacman >=6.0.2-7 di sistem Anda:

pacman -Syu "devtools>=1:1.0.0-1" "pacman>=6.0.2-7"

kemudian, bersihkan file chroot yang lama dari direktori /var/lib/archbuild/:

rm -rf /var/lib/archbuild/
# atau bisa menggunakan --clean option saat melakukan pkgctl build
pkgctl build --clean

Untuk instruksi detail bagaimana cara menggunakan pkgctl, silahkan baca artikel How to be a packager dan baca man page untuk setiap subcommand:

man pkgctl-build
man pkgctl-repo-clone

Untuk Penyedia Mirror Arch Linux

Sinkronisasi mirror Arch Linux (rsync tier 0) sudah diaktifkan kembali, dan penyedia mirror sudah dapat melakukan sinkronisasi seperti biasanya. Namun, pada proses awal sinkronisasi akan membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya, hal ini disebabkan karena penggabungan repositori [community] ke repositori [extra].

menambahkan GitHub deploy key baru

Di kesempatan lain, elle van der Waa menginformasikan dari mailing list bahwa pool repositori [community] tidak langsung dihilangkan sehingga penggunaan storage akan sedikit bertambah meskipun hanya sementara.

Disadur dari artikel asli https://archlinux.org/news/git-migration-completed/ dan Arch Linux mailing list.