Pada tanggal 19 Mei 2023, migrasi Git package akan dimulai dan diperkirakan selesai pada hari Minggu, 21 Mei 2023. Selama masa migrasi, tim Arch Linux Packaging tidak dapat melakukan update package.

Bagi Anda yang menggunakan repositori [testing], Anda perlu merubah konfigurasi pacman.conf (baca di akriken ini bagian akhir).

Notifikasi akan diumumkan melalui mailing list [arch-dev-public] ketika migrasi dimulai dan ketika migrasi selesai dilakukan.

Apa Pengaruh Migrasi Tersebut Terhadap Pengguna Arch Linux?

Repositori [testing] akan dibagi menjadi 2, yaitu [core-testing] dan [extra-testing], repositori [staging] juga akan dibagi menjadi 2, yaitu [core-staging] dan [extra-staging]. Sedangkan repositori [community] akan digabung kedalam repositori [extra] dan repositori tersebut (community) akan dikosongkan setelah proses migrasi selesai.

Selama proses transisi, seluruh repositori yang terdampak akan tetap tersedia, namun sebagai repositori kosong. Maka dari itu, bagi pengguna Arch linux pada umumnya, semua akan tetap berjalan seperti biasa.

Catatan: Setelah proses migrasi selesai, bagi pengguna Arch Linux yang menggunakan repositori [testing] perlu menambahkan repositori yang baru, yaitu [core-testing] dan [extra-testing] dan menghilangkan repositori [testing] pada /etc/pacman.conf sebelum melakukan upgrade sistem.

Perubahan lainnya:

  • Akses SVN akan dihentikan dan akan dihilangkan.
  • Tidak akan ada update lagi pada svn2git mirror.
  • asp, yang bergantung pada svn2git mirror akan berhenti berfungsi dan akan digantikan dengan pkgctl repo clone.

Apa Pengaruh Migrasi Tersebut Terhadap Tier 1 Mirror?

Selama proses migrasi, protokol rsync dan HTTP tidak dapat diakses (shut down). Team Arch Linux akan mengirimkan email notifikasi kepada para penyedia mirror Arch Linux begitu proses migrasi telah selesai.

Apa Pengaruh Migrasi Tersebut Terhadap Arch Linux packagers?

Arch Linux packagers tidak dapat melakukan patch maupun update package selama proses migrasi berlangsung. Internal Tier 0 mirror juga akan di-nonaktifkan selama proses migrasi berlangsung.

Disadur dari artikel asli https://archlinux.org/news/git-migration-announcement/.