Jika Anda menggunakan melakukan kustomisasi untuk konfigurasi global Ansible yang disimpan di /etc/ansible/ansible.cfg, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk mengembalikan konfigurasi Anda.

Upstream Memindahkan Dokumentasi ke Repositori Tersendiri

Pada ansible-core versi 2.15.3, pihak upstream memindahkan dokumentasi dan contoh penggunaan ke repositori tersendiri (lihat ke changelogs terkait untuk informasi lebih detail).

Hal tersebut berarti dokumentasi untuk Ansible tidak akan ikut didistribusikan di ansible-core mulai versi 2.15.3. Sedangkan contoh konfigurasi bawaan akan berada di /etc/ansible/ansible.cfg. Untuk dokumentasi dapat dilihat secara online di https://docs.ansible.com/.

Konfigurasi Default Ansible Menimpa /etc/ansible/ansible.cfg

Setelah melakukan update ansible-core dari versi <= 2.15.2.1 ke >= 2.15.3.1, setiap pengguna yang melakukan kustomisasi untuk konfigurasi global Ansible yang disimpan di /etc/ansible/ansible.cfg akan ditimpa dengan konfigurasi default dari upstream.

Konfigurasi custom milik pengguna akan dipindahkan (atau dibackup) ke file /etc/ansible/ansible.cfg.pacsave. Untuk mengembalikan konfigurasi custom Anda, cukup kembalikan konfigurasi Anda ke /etc/ansible/ansible.cfg. Misalnya:

mv /etc/ansible/ansible.cfg.pacsave /etc/ansible/ansible.cfg

Catatan: Tentu saja konfigurasi bawaan masih dapat digenerate menggunakan perintah ansible-config init --disabled > ansible.cfg.

Disadur dari artikel asli ansible-core >= 2.15.3-1 update may require manual intervention yang dipublikasikan oleh Robin Candau.